4 Perbedaan Vario 125 CBS dan ISS : Spesifikasi, Harga & Fitur

Perbedaan Vario 125 CBS dan ISS – Honda Vario 125 merupakan salah satu dari varian motor Vario yang mulai diperkenalkan pada tahun 2012 dan sampai sekarang masih tetap dipasarkan di Indonesia. Honda Vario 125 juga menjadi skuter matic terlaris di Indonesia.

Motor ini berbekal mesin 125 cc sesuai dengan namanya, dengan tipe mesin 4 tak berpendingin cairan dan sudah didukung dengan sistem bahan bakar injeksi. Sehingga konsumsi bahan bakar Honda Vario 125 sudah sangat irit jika dibandingkan dengan skuter matic sekelasnya.

Dan pada kesempatan ini, Uji Kokoh ingin memberikan informasi seputar perbedaan Vario 125 CBS dan ISS. CBS dan ISS merupakan fitur yang disematkan kedalam motor Honda, jadi perbedaan kedua tipe motor tersebut tentunya tidak akan terlalu signifikan.

Berbeda dengan PERBEDAAN HONDA PCX DAN YAMAHA NMAX, dimana kedua tipe motor tersebut sudah memiliki banyak perbedaan. Nah, untuk kalian yang sekiranya ingin mengetahui perbedaan antara kedua tipe motor Honda tersebut, maka bisa langsung melihat informasi lengkapnya dibawah ini.

Perbedaan Vario 125 CBS dan ISS

Apa Itu CBS dan ISS

Sebelum kami bahas seputar perbedaan Vario CBS dan ISS, maka kami ingin sedikit membahas terlebih dahulu apa itu CBS dan ISS. Dengan mengetahui pengertian CBS dan ISS maka kalian sudah dapat dipastikan akan mengetahui perbedaan utamanya.

Pengertian CBS adalah kepanjangan dari Combi Brake System, sebuah fitur pengereman yang memungkinkan rem belakang dan depan dapat bekerja secara bersamaan hanya dengan menekan satu tuas rem.

Fitur ini akan terpasang pada tuas rem belakang. Sehingga pada saat tuas rem belakang ditekan, maka rem yang akan bekerja bukan cuma rem belakang saja. Melainkan rem depan juga akan ikut bekerja, namun tidak memiliki tekanan sekuat rem belakang.

Pengertian ISS adalah kepanjangan dari Idling Stop System. Fitur ini terpasang pada mesin motor yang memungkinkan mesin motor akan mati secara otomatis pada saat posisi idling dengan kurun waktu kurang lebih 3 sampai 5 detik.

Hal tersebut bertujuan untuk menekan konsumsi bahan bakar serta mengurangi kadar emisi gas buang kendaraan. Karena pada saat kondisi mesin motor mati tidak akan mengkonsumsi BBM dan mengeluarkan gas buang.

Adapun untuk cara menghidupkan mesin, para pengguna cukup menarik gas saja secara perlahan. Maka secara otomatis mesin motor akan kembali menyala seperti biasa, tanpa harus kalian menekan electric starter atau bahkan kick starter.

Perbedaan Vario CBS dan ISS

Jika dilihat dari pengertian CBS dan ISS, sudah terlihat sangat jelas perbedaan kedua hal tersebut. Dimana CBS merupakan fitur yang terdapat pada rem dan ISS merupakan fitur yang terdapat pada mesin. Akan tetapi, masih ada beberapa perbedaan Vario CBS dan ISS lainnya seperti berikut.

Spesifikasi Vario CBS dan ISS

Untuk spesifikasi, kedua varian moto Vario tersebut masih sama saja, yaitu menggunakan mesin 125 cc 4 tak SOHC dengan sistem bahan bakar injeksi dan mampu memberikan daya maksimal mencapai 11.1 PS dan torsi maksimal mencapai 10.8 Nm. Dengan tipe kopling yang digunakan adalah kopling kering.

Fitur Vario CBS dan ISS

Sedangkan dari sisi fitur juga masih sama saja, seperti misalnya fitur anti theft alarm and answer back system, pengaman kunci kontak secara otomatis dengan adanya tombol pembuka jok. Kemudian penggunaan lampu LED pada lampu depan dan belakang.

Perbedaan kedua varian motor tersebut hanya dari sisi fitur CBS dan ISS saja, dimana untuk varian CBS tidak dilengkapi dengan fitur ISS. Sedangkan untuk varian ISS sudah dilengkapi dengan fitur CBS.

Warna Vario CBS dan ISS

Perbedaan selanjutnya terdapat pada warna motor, dimana Vario 125 CBS dan ISS tersedia dalam 3 varian warna yaitu Advance Matte Blue, Advance Matte White dan Advance Matte Black. Sedangkan untuk Vario 125 CBS hanya tersedia dua varian warna yaitu Advance Red dan Advance Black.

Harga Vario CBS dan ISS

Perbedaan terakhir antara kedua varian tersebut adalah dari sisi harga, harga Vario CBS dan ISS tentunya memiliki harga lebih mahal, yaitu dibandrol dengan harga 21,900,000 rupiah. Sedangkan untuk Vario 125 CBS hanya dibandrol dengan harga 20,005,000 rupiah.

Akhir Kata

Demikian itu informasi tentang perbedaan Vario 125 CBS dan ISS yang sekiranya dapat kami berikan untuk kalian pada kesempatan hari ini, mudah-mudahan saja informasi yang baru saja kami berikan diatas bisa memberikan tambahan pengetahuan untuk kalian.

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *