Takaran Oli Shock Depan KLX D-Tracker : Harga & Waktu Ganti

Advertisements

Takaran Oli Shock Depan KLX D-Tracker – Shock absorber merupakan komponen yang memiliki fungsi untuk meredam geteran dari roda ke bodi kendaraan, sehingga kendaraan masih tetap nyaman digunakan walaupun melewati medan yang tidak bagus.

Pada sepeda motor, desain shock depan dan belakang memiliki perbedaan. Dimana shock depan motor dirancang dengan model tanpa pegas diluar. Sedangkan untuk shock belakang dirancang dengan adanya pegas tambahan dibelakang.

Citayam

Nah, pada kesempatan kali ini kami ingin membahas mengenai takaran oli shock depan KLX D-Tracker. Siapa tahu saja ada diantara kalian yang memiliki motor Kawasaki tersebut dan ingin mengganti oli shock depan namun belum mengetahui takaran yang sesuai.

Advertisements

Maka dari itu, tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat terlebih dahulu informasi yang akan kami berikan pada kesempatan hari ini, siap tahu saja informasi yang akan kami berikan pada kesempatan hari ini dapat membantu kalian.

Takaran Oli Shock Depan KLX D Tracker
Advertisements

Takaran Oli Shock Depan KLX D-Tracker

Takaran oli shcok depan Kawasaki D-Tracker terbagi menjadi dua, yaitu untuk tipe Kawasaki D-Tracker 150 atau dikenal juga dengan Kawasaki D-Tracker biasa dan SE, kemudian ada juga untuk tipe Kawasaki D-Tracker 250 atau lebih disebut juga dengan Kawasaki D-Tracker X.

Karena ukuran shock depan kedua tipe motor tersebut sudah berbeda, ukuran shock depan Kawasaki D-Tracker 150 adalah 35 mm, sedangkan untuk ukuran shock depan KLX D-Tracker 250 adalah 43 mm. Sehingga kapasitas oli shock depan KLX D-Tracker 250 jauh lebih banyak.

Berikut ini adalah ukuran oli shock depan KLX D-Tracker 150 dan 250.

Tipe MotorTakaran Oli Shock Depan
Kawasaki D-Tracker 150225 ml
Kawasaki D-Tracker 250530 ml

Waktu Ganti Oli Shock Depan KLX D-Tracker

Sedangkan untuk waktu ganti oli shock depan Kawasaki D-Tracker ialah setelah motor tersebut menempuh jarak kurang lebih 20.000 km sampai dengan 22.000 km, kurang lebih hampir sama dengan waktu ganti oli motor. Sehingga kalian bisa melakukan perawatan tersebut secara bersamaan.

Harga Oli Shock Depan KLX D-Tracker

Sedangkan untuk harga oli shock Kawasaki ialah dibandrol dengan harga 80 ribu rupiah untuk dua botol dengan kapasitas 200 ml per botol. Sehingga untuk tipe Kawasaki D-Tracker 150 dibutuhkan kurang lebih 3 botol untuk mengisi dua shock depan.

Sedangkan untuk tipe Kawasaki D-Tracker X 250 membutuhkan kurang lebih membutuhkan 5 botol, jadi paling tidak harus membeli 3 paket oli shock depan. Namun takaran oli shock depan tersebut masih dapat dikurangi apabila tingkat pantulan ingin dikurangi.

Cara Merawat Shock Depan KLX D-Tracker

Setelah mengetahui berapa takaran oli shock depan yang telah kami jelaskan diatas, maka kami juga akan turut memberikan informasi mengenai cara merawat shock depan Kawasaki D-Tracker. Karena tanpa adanya perawatan maka masa pakai shock tersebut tidak akan tahan lama.

1. Perhatikan Beban Bawaan

Hal pertama yang perlu diperhatikan ialah beban bawaan, karena setiap kendaraan pasti memiliki batas maksimal beban. Sehingga usahakan untuk tidak melebihi batas beban maksimal yang telah ditentukan, karena beban yang berlebihan akan memberikan kinerja yang lebih berat pada shock absorber.

2. Bersihkan Secara Rutin

Hal berikutya ialah membersihkan shock depan secara rutin, karena melakukan pembersihan shock secara rutin dapat mencegah rusaknya seal shock depan. Kondisi seal shock depan yang terlalu sering kotor dapat membuat masa pakai lebih pendek dan dapat mengakibatkan shock depan bocor.

3. Ganti Oli Tepat Waktu

Hal terakhir ialah mengganti oli shock depan tepat waktu atau sesuai dengan jarak tempuh yang telah ditentukan, karena penggantian oli shock depan tepat waktu dapat memberikan masa pakai shock depan lebih panjang dari seharusnya. Oleh karena itu, kalian harus memperhatikan jarak tempuh pada motor.

Akhir Kata

Demikian itu informasi mengenai takaran oli shock depan KLX D-Tracker yang sekiranya dapat Uji Kokoh berikan pada kesempatan hari ini, mudah-mudahan saja informasi yang baru saja kami berikan diatas tadi dapat memberikan tambahan informasi seputar dunia otomotif kalian.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.