10 Tanda Kampas Kopling Habis dan Cara Mengatasinya

Tanda Kampas Kopling Habis – Apabila anda pengguna kendaraan bermotor baik itu sepeda motor atau MOBIL TRANSMISI MANUAL pastinya sudah tidak asing lagi dengan kata-kata kopling, karena salah satu cara untuk memindahkan gear atau gigi transmisi perlu menggunakan kopling.

Karena fungsi kopling adalah untuk memutuskan putaran mesin secara sementara, sehingga proses pemindahan gear transmisi dapat terlaksana secara halus. Apabila pada saat anda akan memindahkan gigi transmisi tidak menggunakan kopling, maka mesin akan langsung mati secara mendadak.

Hal tersebut dikarenakan oleh putaran mesin yang terjadi pada saat itu tidak sama dengan putaran gear pada transmisi, sehingga mesin langsung mati. Kemudian, pada saat menggunakan kopling juga harus diimbangi dengan akselerasi sembari kopling dilepaskan perlahan-lahan agar mesin tidak mati.

Maka dari itu, fungsi kopling pada kendaraan bermotor baik itu pada mobil atau sepeda motor yang memiliki tipe transmisi manual sangatlah penting. Tanpa adanya kopling, kendaraan tidak akan berfungsi secara nyaman dan sebagaimana mestinya.

Tanda Kampas Kopling Habis dan Cara Mengatasi

Tanda Kampas Kopling Habis dan Cara Mengatasi

Karena pentingnya fungsi kopling pada kendaraan, maka anda harus tahu tanda-tanda kampas kopling habis. Karena jika kampas kopling habis, fungsi dari kopling itu sendiri tidak akan sesuai dan dapat menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti contohnya kendaraan tidak dapat digunakan.

Tanda Kampas Kopling Habis

Untuk anda yang masih belum mengetahui apa saja tanda-tanda atau ciri-ciri kampas koping habis baik itu pada motor atau mobil, maka anda dapat mengenali tanda-tanda seperti dibawah ini.

Mesin Terasa Tersendat-Sendat

Mesin Tersendat Sendat Saat Kampas Kopling Habis

Tanda-tanda pertama yang dapat dirasakan ialah mesin akan terasa tersendat-sendat pada saat anda akan baru berjalan. Hal ini akan terasa seperti posisi transmisi berada pada posisi gear yang tinggi, padahal posisi gear transmisi anda pada posisi rendah misal pada posisi gear 1.

Atau seperti kondisi, akselerasi yang dikeluarkan tidak seimbang dengan pelepasan kopling. Apabila saat melepaskan kopling kondisi akselerasi kurang, maka mesin juga akan terasa tersendat-sendat.

Timbulnya tanda-tanda seperti ini dapat mengindikasi jika kampas kopling sudah mulai habis. Karena pada kondisi tersebut, kopling tidak benar-benar memutus putaran mesin secara tuntas. Masih terdapat sedikit putaran yang terjadi pada transmisi, sehingga mesin akan terasa tersendat-sendat.

Akselerasi Lemah

Apabila tanda-tanda yang pertama sudah dirasakan pada kendaraan yang anda miliki, maka anda juga akan merasa tanda-tanda akselerasi pada kendaraan anda akan melemah atau berkurang. Hal ini juga dikarenakan oleh pemutusan putaran mesin yang tidak terjadi secara sempurna.

RPM Mesin Tinggi

RPM Mesin Tinggi Saat Kampas Kopling Habis

Tanda-tanda kampas kopling habis yang berikutnya ialah putaran mesin akan tinggi, hal ini dapat anda lihat pada bagian speedometer kendaraan. Contohnya, apabila kondisi kopling masih dalam keadaan bagus, pada kecepatan 40 km/jam akan didapatkan putaran mesin sebanyak 5000 rpm. Akan tetapi, pada kondisi kampas kopling yang habis pada kecepatan 40 km/jam bisa didapati putaran mesin mencapai 8500 rpm.

Apabila tanda-tanda tersebut sudah dirasakan oleh anda, maka ada baiknya jika anda langsung memeriksakan kondisi kampas kopling di bengkel secepatnya agar tidak timbul tanda-tanda lainnya yang jauh lebih parah.

Sulit Memindahkan Gigi

Sulit Memindahkan Gigi

Proses pemindahan gigi akan terasa sulit atau berat. Apabila tanda-tanda diatas sekiranya tidak anda rasakan, mungkin anda akan merasakan tanda yang satu ini. Hal ini juga dikarenakan oleh pemutusan putaran mesin tidak terjadi secara sempurna, sehingga pada saat akan memindahkan gigi akan terasa sulit.

Akan tetapi, tanda yang satu ini juga tidak dapat dijadikan sebagai acuan baku. Karena bisa saja masalah pada hal ini bukan karena kampas kopling habis, akan tetapi dikarenakan oleh kondisi kabel kopling yang sudah tidak bagus atau bisa juga terjadi kerusakan pada bushing tuas kopling.

Terjadi Selip Kopling

Terjadi Selip Kopling

Tanda yang berikutnya adalah terjadi selip kopling, hal ini juga dapat dirasakan apabila kondisi kampas kopling sudah habis. Dan jika terjadi hal seperti ini juga biasanya akan ditandai dengan terjadinya tanda-tanda diatas yaitu sulit memindahkan gigi. Untuk anda yang sekiranya kurang familier dengan hal-hal seperti ini, maka kondisi seperti ini pastinya akan sangat menggangu bagi anda.

Pijakan Pedal Menjadi Lebih Pendek

Pijakan Pedal Menjadi Lebih Pendek

Untuk tanda – tanda selanjutnya yang akan anda rasakan adalah jarak pijakan pedal kopling menjadi pendek atau lebih tinggi dari sebelumnya. Apabila pada kondisi sebelumnya, anda perlu menginjak pedal kopling sangat dalam, kemudian tiba-tiba pedal kopling anda menjadi pendek jarak pijakannya.

Akan tetapi tanda-tanda tersebut harus dipelajari lebih dalam lagi, barang kali saja permasalahannya terdapat pada kabel kopling sudah mulai rusak atau akan putus. Sehingga menyebabkan jarak pijakan pedal kopling menjadi pendek.

Terdengar Suara Gemuruh Saat Kopling Diinjak

Hal selanjutnya ialah terdengar suara gemuruh pada saat kopling sedang di injak, tanda-tanda seperti ini umumnya akan dirasakan pada pengguna kendaraan roda empat. Bagi anda yang menggunakan roda dua, tanda-tanda ini mungkin tidak dapat dirasakan. Terkecuali untuk anda yang menggunakan sepeda motor dengan kapasitas mesin yang besar seperti Harley.

Muncul Bau Gosong

Muncul Bau Gosong

Munculnya bau gosong merupakan tanda – tanda kampas kopling habis yang berikutnya. Bau gosong yang ditimbulkan ini dikarenakan oleh gesekan antara besi dan besi yang terjadi pada kopling, terlebih lagi jika posisi mesin sudah berputar sangat lama. Pasti akan sangat terasa bau gosong tersebut.

Kick Starter Ngelos

Kick Starter Ngelos

Kemudian tanda kampas kopling habis yang berikutnya ini hanya terjadi pada kendaraan roda dua saja, dimana tanda-tanda yang dapat dirasakan ialah hilangnya tekanan pada kick starter. Apabila kick starter ngelos atau tidak ada kompresi yang terjadi, maka hal tersebut bisa menjadi salah satu tanda-tanda kampas kopling habis.

Cara Mengatasi Kampas Kopling Habis

Untuk anda yang sekiranya sedang tidak beruntung, tiba-tiba saja kampas kopling anda habis ditengah jalan. Maka ada cara mengatasi kampas kopling habis untuk sementara, akan tetapi cara ini hanya dapat digunakan untuk mobil saja.

Caranya ialah periksa kondisi tabung minyak kopling yang berada di kap mesin yang letaknya tetap didepan kemudi. Apabila kondisi minyak pada tabung berkurang, maka anda bisa coba tambahkan dengan minyak rem yang bisa anda dapatkan secara mudah dibengkel-bengkel terdekat dengan posisi anda saat itu.

Kemudian anda juga harus mengetahui jika minyak rem dengan kode DOT 3 itu sebaiknya tidak digunakan untuk mobil-mobil keluaran eropa yang mengalami permasalahan seperti ini. Akan tetapi jika sangat terpaksa karena tidak ada lagi jenis minyak rem yang lain, maka anda masih tetap bisa menggunakannya.

Akan tetapi setelah anda bisa menggunakan mobil anda kembali, sesegera mungkin anda membawa ke bengkel dan membersihkan tabung minyak kopling dan menukarnya kembali dengan minyak kopling yang sesuai.

FAQ

Itu dia pembahasan tentang Tanda – Tanda Kampas Kopling Habis yang sekiranya dapat Ujikokoh.com berikan kepada anda saat ini, kami berharap pembahasan yang baru saja kami sajikan dapat memberikan banyak-banyak manfaat untuk anda-anda semuanya.

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *